Berita Terbaru

Berita Terbaru

Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » Kenalkan Simpatik Kepada Guru TIK

Kenalkan Simpatik Kepada Guru TIK

Posted by Kampungnya Soal dan Informasi on Saturday, September 15, 2018

Sahabat pena, banyak hal yang saya dapatkan semenjak saya ikut Pembatik 2018. Mulai dari teman, ilmu serta pengalaman. Hal tersebut saya dapatkan kami alhamdulillah mengikuti tiap tahapan dari kegiatan pembatik mulai dari Level 1 yang kegiatannya berupa literasi TIK. Kemudian Level 2 berupa implementasi TIK, kemudian level 3 yaitu kreasi TIK dan yang terakhir level 4 berupa Berbagi TIK.
Di level 4 ini kami sebagai calon duta Belajar diharapkan bisa meng-Share informasi yang ada kaitannya dengan web SimpaTIK serta Rumah belajar. Sharing seperti ini mencoba kami lakukan setiap ada kesempatan karena selain kami berharap bisa menjadi ladang Ibadah kami dan bhakti kami untuk dunia Pendidikan serta jika beruntung bisa mewakili Jawa Tengah untuk menjadi Duta Belajar 2018. Aamiin.
sebagai guru TIK SMP kabupaten Rembang ada kegiatan Rapat Pleno MGMP TIK SMP Kabupaten Rembang yang diadakan di Aula SMP Negeri 2 Rembang. Acara Rapat Pleno berjalan seperti biasa yaitu pembukaan, menyanyikan Lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan sambutan-sambutan. Sambutan pertama dari Ketua MGMP, dilanjutkan sambutan dari Kepala Sekolah Koordinator. Disela sambutannya Ketua MGMP dan Kepala Sekolahkoordinator memberikan dukungan kepada Kami Eko Adi Saputro,M.Kom. yang saat ini mengikuti kegiatan Duta Belajar dan berharap agar Guru TIK SMP Kabupaten Rembang untuk lebih meningkatkan kompetensi dalam dunia pendidikan.
Setelah sambutan selesai saya diijinkan untuk mensosialisasikan Tentang Web Simpatik dan portal Rumah belajar. Perlahan saya berdiri dan maju ke depan untuk menjelaskan tentang Web SimpaTIK. Teman-teman TIK saya liat menyimak dengan antusias, dalam paparan kami sampaikan bahwa kita sebagai guru saat ini tugasnya tidak hanya mengajar saja akan tetapi juga dituntut bisa mengembangkan diri dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang inovatif dan kreatif. Apalagi kalau kita sebagai guru PNS disyaratkan mempunyai sertifikat pengembangan diri untuk kenaikan pangkatnya. Di SimpaTIK ini kita bisa menemukan pelatihan yang berbobot dan mendapatkan sertifikat tapi dengan syarat mengikuti pelatihan dan mengerjakan tugas-tugasnya.



Prolog yang saya sampaikan ke teman-teman TIK Rembang ternyata berkesan sehingga mereka semakin antusia untuk menyimak penjelasan saya. Berikutnya teman-teman TIK saya ajak membuka laman simpatik. Satu persatu mereka mengakses laman http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/ di smartphone mereka, kemudian mereka membuat akun. Setelah mereka mempunyai akun, mereka saya perkenalkan untuk mencari pelatihan yang ada di laman SimpaTIK dengan cara klik menu pelatihan – temukan pelatihan. Setelah halaman temukan pelatihan terbuka pada menu pencarian, klik panah bawah pilih Jawa Tengah kemudian Cari. Berikutnya pelatihan yang ada di jawa tengah akan muncul. Jika sudah muncul scroll ke bawah mereka saya bawa untuk mencari pelatihan kami yaitu “Senangnya belajar di Rumah Belajar” dengan penanggung jawab Eko Adi Saputro. Setelah ketemu nama pelatihannya klik selengkapnya, muncul halaman baru kemudian klik daftar. Tunggu proses akan muncul halaman baru centang saya bersedia mengikuti kegiatan ini. Dan yang terakhir klik daftar. Alhamdulillah tahapan untuk ikut pelatihan di simpatik yang pertama kali telah berhasil dilakukan oleh teman-teman TIK.
Disesi ini kami mencoba menarik simpati teman-teman TIK yang berhasil daftar pelatihan kami di laman simpatik 10 pendaftar pertama akan kami berikan sebuah souvenir bolpoint yang bertuliskan rumah belajar maupun stiker rumah belajar. Alhasil dari souvenir itu teman-teman berebut untuk bisa daftar di Pelatihan kami untuk menjadi orang yang pertama. Pak Agus Nunung Guru SMP Muhammadiyah Rembang menjadi orang pertama yang berhasil mendaftar di pelatihan kami dan mendapatkan hadiah berupa bolpoit cantik yang ada tulisannya rumah belajar. Pak Nunung, sapaan dari pak Agus Nunung tampak gembira dan beliau mengajak saya untuk berpoto bersama. kemudian disusul Bu Peni Sariyanti,S.Kom. dari SMP Negeri Lasem.
Berikutnya setelah semua membuat akun SimpaTIK, kami kenalkan portal Rumah Belajar. Fitur-fitur yang ada dirumah belajar kami berkenalkan satu persatu. Mulai dari sumber belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya.
Saat sampai di fitur kelas maya, saya mengajak teman-teman TIK untuk membuat akun di kelas maya sebagai siswa dan bergabung dikelas yang sudah saya buat . Akan tetapi di sesi ini ada kendala ketika teman-teman ingin bergabung dikelas ini yaitu sulitnya akses mendaftar di kelas maya. Teman-teman yang sudah berhasil membuat akun dan ingin daftar kelas, mereka membutuhkan waktu sampai 5 kali perulangan bahkan lebih. Terlihat raut putus asa dari teman-teman, agar tidak berlarut-larut saya sampaikan bahwa kegiatan ini bisa dilanjutkan nanti di rumah atau disekolah saat jenengan ada waktu luang. Dan jangan lupa untuk kegiatan ini bisa dishare di sekolah masing-masing.
Akhirnya acara sosialisasinya saya akhiri dan saya kembalikan ke teman- teman pengurus TIK. Berikutnya kegiatan rapat pleno MGMP TIK ditutup dan teman-teman TIK beranjak pulang ke rumah masing-masing.
Inilah ceritaku saat berbagi menjadi Duta belajar di MGMP TIK SMP Kabupaten Rembang.

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2014 Kampungnya Soal dan Informasi. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger